Kota Depok Raih Penghargaan “Bhumandala Award”

NEWS UPDATE


Kota Depok Raih Penghargaan “Bhumandala Award”

Ditulis oleh : bappeda depok | Senin, 17 Oktober 2016 - 14:42:45 WIB | dibaca : 297 pembaca

Kota Depok Raih Penghargaan “Bhumandala Award”

Kota Depok mendapatkan penghargaan “Bhumandala Award kategori pemerintah kota, Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro di dampingi Kepala Badan Informasi Geospasial, Priyadi Kardono kepada Walikota Depok, Mohammad Idris.

Bersaing bersama 93 kota lainnya di seluruh Indonesia, Kota Depok raih penghargaan itu saat Peringatan Hari Informasi Geospasial 2016 yang diselenggarakan di Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG), Cibinong, Senin (17/10/2016).

Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Pemkot Depok, dan sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja birokrasi. BIG menganugerahkan "Bhumandala Award' kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah mengembangkan Simpul Jaringan lnformasi Geospasial-nya dalam kerangka pembangunan nasional.

Kompetisi ini merupakan wujud dari implementasikan Perpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota wajib melaksanakan penyelenggaraan lnformasi Geospasial yang mengacu kepada satu standar, satu referensi, satu geodatabase dan satu geoportal.

Sejak tahun 2012, Bappeda Kota Depok telah membangun sebuah aplikasi SIG yang berbasis website (www.idsd.depok.go.id). Berbagai macam fasilitas umum seperti fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan dapat ditampilkan dalam aplikasi ini secara spasial (peta interaktif). Sistem aplikasi ini sangat bermanfaat dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan Kota Depok. Berdasarkan survei SRI (SDI Readiness Index) yang dilakukan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) Tahun 2015, sistem aplikasi SIG yang dikembangkan oleh Bappeda Kota Depok merupakan yang terbaik (memperoleh nilai teringgi) dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain se-Indonesia.

Pada sektor sosial dan ekonomi, saat ini Bappeda Kota Depok sedang mengembangkan database masyarakat miskin dan database penerima bantuan yang berbasis WebGIS. Data tersebut dapat diakses by name, by address, by location dan by donation.



berita terkait

  Terkini  
  Favorit  


SARAN PEMBANGUNAN


Nama
Alamat
Saran


JAJAK PENDAPAT


Menurut Anda, apakah website Bappeda Depok telah memuaskan ?
 Ya
 Cukup
 Kurang




LINK TERKAIT


    

    

    

    

    


Twitter

Facebook Fan Page

Peta Lokasi