Gerobak Ikan Higienis untuk Ikan Segar

NEWS UPDATE


Gerobak Ikan Higienis untuk Ikan Segar

Ditulis oleh : bappeda depok | Sabtu, 21 November 2015 - 14:45:20 WIB | dibaca : 753 pembaca

Gerobak Ikan Higienis untuk Ikan Segar

depok.go.id - Upaya memudahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan ikan segar, Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perikanan dan Kehutanan Republik Indonesia membuat inovasi yaitu Gerobak Ikan Higienis.

Gerobak Ikan Higienis merupakan alat atau Sarana Pemasaran Bergerak (SPG) yang di dalamnya berisi ikan segar baik dari hasil penangkapan di laut maupun ikan dari hasil budi daya. Gerobak Ikan Higienis ini digandeng menggunakan sistem knockdown dengan sepeda motor yang mudah dilepas dan dipasang, sehingga menambah daya jelajah pemasaran ikan segar lebih jauh dan mudah masuk dalam komplek perumahan.

 “Kami ingin memberikan kemudahan bagi para pedagang ikan. Alat ini didesain khusus yang dapat menambung sebanyak 30 hingga 55 liter,” jelas Perekayasa Gerobak Ikan Higienis, Junaedi, saat ditemui pada Gelar Produk Perikanan Bernilai Tambah di lapangan Balai Kota Depok, Jumat (20/11/2015).

Lebih lanjut, Gerobak Ikan Higienis ini dilengkapi dengan tempat ikan hidup dengan menggunakan tempered glass, serta tempat penempatan ikan dengan menggunakan dua buah coolbox yang terletak di bawah bagian belakang dan depan. Display ikan segar terletak di atas gerobak dengan bahan full stainless dengan tutup dari acrylic.

Dengan menggunakan Gerobak Ikan Higienis ini, ikan segar akan tetap bertahan selama delapan jam. Selain itu juga aman, karena dilengkapi pelindung dan penutup dengan menggunakan bahan yang cukup baik.

Saat ini, gerobak tersebut belum dipasarkan kepada khalayak luas. Pasalnya, pihak Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan Kementerian Perikanan dan Kehutanan Republik Indonesia masih membutuhkan masukan dari berbagai pihak, sehingga nantinya dapat didistribusikan dengan baik.

“Kami masih melakukan sosialisasi dan memperkenalkan inovasi ini kepada masyarakat. Jika masyarakat ingin memesan dapat menghubungi kami. Insya Allah tahun depan kalau ada anggaran dari pemerintah akan kami berikan secara cuma-cuma kepada para pelaku usaha,” tutup lelaki yang kerap disapa Jun tersebut. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

 

(sumber : depok.go.id )



berita terkait


      Terkini  
      Favorit  


    SARAN PEMBANGUNAN


    Nama
    Alamat
    Saran


    JAJAK PENDAPAT


    Menurut Anda, apakah website Bappeda Depok telah memuaskan ?
     Ya
     Cukup
     Kurang




    LINK TERKAIT


        

        

        

        

        


    Twitter

    Facebook Fan Page

    Peta Lokasi